Jumat, 21 Maret 2014

Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Kali ini saya akan memberikan satu tutorial yang berhubungan dengan perangkat/handphone samsung.
untuk kalian yang memiliki perangkat android samsung galaxy chat gt-b5330 dan memiliki kendala seperti bootloop serta bingung tidak mengetahui cara flashing/instal ulang firmware ?
tenang aja, karena pada kesempatan kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana cara melakukan flashing/instal ulang firmware samsung galaxy chat GT-B5330.


sebaiknya kalian siapkan dahulu beberapa komponen dan peralatan yang harus dibutuhkan selama proses berlangsung.
1. Perangkat samsung galaxy chat gt-b5330 dan hidupkan fitur "usb debugging" pada perangkat kalau bisa dilakukan. apabila tidak bisa, biarkan saja.

2. Firmware samsung galaxy chat, kalian unduh disini: PART 1PART 2PART 3
3. Odin 1.85, kalian unduh DISINI.

3. Samsung usb driver, kalian unduh DISINI (ini hanya alternatif apabila perangkat kalian tidak dapat terhubung ke komputer. apabila dapat terhubung, bisa kalian abaikan).

4. Kabel data dan komputer.

5. Simak, berusaha dan berdoa.

Apabila semua komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan, kita mulai cara melakukan flashing/install ulang samsung galaxy chat gt-b5330.
1. Matikan perangkat terlebih dahulu, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol "volume bawah + home + power" maka kalian akan melihat peringatan, tekan "volume atas" untuk melanjutkan. kalian akan masuk ke menu "download mode".

2. Ekstrak firmware dan odin yang sudah kalian unduh, kemudian jalankan odin. lalu hubungkan perangkat kalian dengan menggunakan kabel data. lakukan sampai odin mendeteksi perangkat kalian. kalau sudah terdeteksi maka akan muncul port dari perangkat yang kalian hubungkan tersebut.

3. Kemudian klik "PDA" dan pilih firmware "B5330XWUBMD2_B5330OLBBMD2_B5330DXUBMD2_HOME.tar.md5" yang sudah kalian unduh dan ekstrak.

4. Apabila semua langkah sudah kalian ikuti, selanjutnya yaitu kalian tekan tombol "start". maka, odin akan melakukan proses flashing dan tunggu sampai prosesnya selesai dengan adanya tulisan "pass".
NB : jangan sekali-sekali kalian lepaskan kabel data dari perangkat, karena kemungkinan bisa terjadinya brick terhadap perangkat.

5. Jika proses pada odin sudah selesai, perangkat akan melakukan reboot secara otomatis dan selesai proses flashing/install ulang samsung galaxy chat gt-b5330.

Gmana , Mudah caranya kan? kalian pasti bisa melakukannya sendiri dirumah.
Sekian dulu artikel hari ini tentang Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Chat GT-B5330.
semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya.
Jika mengalami kesulitan dalam menerapkan, jangan segan-segan berkomentar yah,, atau join dan posting kesulitan yang anda alami ke grup facebook, klik  DISINI


Uploaded file by: ulfandroid

5 komentar:

  1. mas waktu flashingnya berapa lama sih, saya udah coba tapi lama banget pas NAND WRITEnya

    BalasHapus
  2. baca baik2 tutor di atas gan. mungkin ada yg kelewatan. soalnya biasa sy ngeflash cuma makan waktu 5 - 10 menit. dan pastikan juga kabel usb yg digunakan dalam kondisi baik.

    BalasHapus
  3. mas, donlodan part 1 nya rusak apa gimana ya, kelar donlod ga bisa dibuka/extrak gitu..
    mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. donload dulu semua partnya bro, kemudian block semua part yg di download, dan extrack.. :D

      Hapus
  4. mas... kdang2 ketika restart tidak normal.. macet ketika botloop cuman logo samsung y nampak terus2an..
    1 lagi msalah nya tombol qwerty udah gx normal,, tekan s malah keluar hruf laen.. mohon pencerahannya...

    BalasHapus