Selasa, 27 Mei 2014

Cara Mudah Setting Domain WEB.ID Untuk blogspot Gratis

Assalamu'alaikum Wr, Wb

Hay sobat kampoengan blog, jumpa lagi bersama saya admin blog yang baik hati dan tidak sombong.. hahahahhhhhhh

Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya. Begini ceritanya, beberapa minggu yang lalu, saya coba  untuk membeli domain untuk blog kelompok tani milik saya. setelah berkunjung di idwebhost, saya tertarik untuk membeli domain web.id. Alasan saya memilih domain web.id karna domain web.id murah, hanya sekitar 50 ribuan / tahun dan tanpa syarat-syarat tertentu buat registernya... :D :D

Tanpa pikir panjang, langsung saja saya order domain dengan nama www.cahayaorganik.web.id . Setelah domain saya aktif, langsung saja saya masuk ke account manager idwebhost menggunakan user dan pasword yg telah dikirimkan oleh pihak idwebhost. 

Setelah masuk ke akun manager, saya sempat bingung karna tidak ada menu manage DNS nya. ketika saya tanya ke cs nya, katanya emang sampai saat ini belum ada menu manage DNS untuk domain .ID. Jadi masih harus menggunakan cpanel / hostingan buat menyingkron domain kita ke blogspot. 
wah, berarti harus beli hostingan lagi dong kalo begini, tapi tiba2 muncul dibenak saya untuk mencoba menggunakan hosting gratis, dan beginilah step by step yang saya lakukan untuk setting domain WEB.ID untuk blogspot menggunakan hosting gratis...


Pertama. silahkan daftar domain web.id anda di idwebhost. Dan daftar juga hosting gratis di idhostinger.

Kedua, silahkan add domain yang sudah anda daftar tadi ke blogger, Caranya :
Silahkan anda login ke blogger anda,akses blogger.com
Silahkan klik salah satu blogger anda, atau yang ingin anda ubah domainnya. lalu masuk ke menu Setelan,
 Silahkan klik  ”+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda “
Di langkah ini,silahkan anda masukan nama domain anda di kolom yang tersedia,Jangan Lupa Dengan menambahkan domain menggunakan www, misal www.namadomain.com, lalu klik simpan. Nah di bagian bawah nanti akan ada error kode cname. Yang mana kode tersebut untuk penyetingan di manage dns domain. Copy n save kode error yang muncul ke notepad.


Langkah Ketiga,,
Di langkah ini,silahkan anda login ke panel domain anda,akses ke http://idwebhost.com/manage
masuk menggunakan username n password anda. kemudian pilih menu kelola
 Setelah itu pilih lagi menu kelola domain

 Dan masuk ke menu name servers

Kemudian seting name servernya seperti gambar dibawah,
Kemudian klik update name servers. oke sekarang kita uda selesai buat seting name servers domain kita.
Selanjutnya masuk ke akun idhostinger yang sudah anda daftar tadi, kemudian klik pada hosting baru, 
Setelah itu, klik order pada pilihan yang gratis.
Dan silahkan isi kolom yang ada dengan domain web.id yang sudah anda daftarkan tadi, dan password yang anda inginkan kemudian klik lanjutkan.
Setelah akun anda jadi, pilih kelola domain,
Dan masuk pada menu DNS ZONE EDITOR
kemudian setinglah kolom-kolom yang ada seperti gambar dibawah:


Pada kotak CNAME (Alias), tepatnya yang saya coret, isikan dengan kode error cname yang anda dapatkan dari blogspot tadi, untuk kolom-kolom yang lain, ikuti aja seperti di gambar...

Langkah setting DNS domain web.id untuk blogspot sudah selesai. Silahkan di tunggu sekitar 5-6 jam untuk proses propogasi nya. Jika sudah sekitar 5-6 Jam, silahkan Add domain nya di blogger. Cara add domain di blogger, Ulangi langkah kedua. Nanti jika di klik Simpan / save , maka domain akan sukses di add atau tidak ada error cname lagi.
Setelah berhasil di add di blogger,jangan lupa untuk setting redirect dari non www ke www.
Klik edit lalu centang kolom Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com,lalu klik simpan.
Selesai, silahkan di coba akses domain Anda.

Semoga bisa di pahami untuk tutorial ini,Terimakasih :)


8 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas tulisannya. Sangat membantu terutama buat saya yang sangat awam membuat website! sekali lagi terima kasih banyak.

    BalasHapus
  2. Pak! web saya berhasil dibuat, tetapi nama di alamatnya kok masih memakai blogspot ya? alamat website saya adalah www.danielhherman.web.id tetapi yang muncul di alamat browser adalah danielhherman.blogspot.com. mengapa jadi seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada langkah yg saya berikan diatas terlewatkan pak. jika semua langkah diatas sudah lakukan lakukan dengan benar, mungkin web/blog bapak masih dlam proses perpindahan server. tunggu aja pak... :-)

      Hapus
  3. kok punya saya di idhostinger tulisannya gini trus padahal udah 24jam "Saat ini Domain Anda belum mengarah ke nameserver kami sehingga layanan seperti email, ftp, file manajer, website builder dan lain-lain tidak bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan detail nameserver kami pada menu Akun -> Detail. Proses untuk mengarahkan domain ke server membutuhkan waktu hingga 24 jam setelah nameserver kami diupdate pada domain Anda."

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kembali name server yang agan masukan di setingan domainnya ...
      mungkin ada yang salah.. :d

      Hapus
  4. (o) thank gan, web idku udah jadi :d sempet bingung juga keliling sana sini di manager g ketemu ma dns editor

    BalasHapus